Selasa, 02 Mei 2023

Kodim Kendal Selenggarakan Tradisi Halal Bihalal

 

KENDAL - Kodim 0715/Kendal menyelenggarakan kegiatan tradisi Halal Bihalal yang di hadiri oleh Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, S.Sos, seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0715/Kendal, bertempat di Stadion Utama Kendal, Selasa (2/5/23).

Pasi Ops Kodim 0715/Kendal, Kapten Inf Sudirman menuturkan bahwa, Halal Bihalal adalah tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Salah satu tujuan Halal Bihalal adalah untuk menjalin kembali tali silaturahmi dan saling memaafkan.

"Sejarah Halal Bihalal dimulai ketika Presiden Soekarno memanggil KH Wahab Chasbullah pendiri Nahdatul Ulama ke Istana Negara untuk meminta saran terkait kondisi politik di Indonesia saat itu. Peristiwa tersebut terjadi pada pertengahan Ramadan 1948, saat terjadi ancaman disintegrasi bangsa Indonesia oleh kelompok DI/TII dan Partai Komunis Indonesia. Atas saran KH Wahab, Presiden Soekarno mengundang para tokoh elite politik untuk datang ke Istana Negara saat Idul Fitri. Mereka diminta menghadiri acara silaturahmi yang diberi judul Halal Bihalal", jelasnya.

Lebih lanjut, Pasi Ops Kodim 0715/Kendal mengatakan, "Halal Bihalal muncul dari KH Wahab yang ingin menyatukan bangsa Indonesia di tengah polemik politik yang terjadi saat itu. Untuk menyatukan mereka, dibutuhkan istilah lain agar tidak enggan berkumpul dan saling memaafkan, sehingga lahirlah sebutan Halal Bihalal", pungkas Kapten Inf Sudirman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Koramil Kaliwungu Komsos Dengan Warga

  KENDAL - Babinsa Sarirejo Koramil 11/Kaliwungu Kodim 0715/Kendal, Serda M. Aldi Fadli melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) den...